RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : Sekolah Menengan Atas Baik-Baik Saja
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/semester : XI/2
Materi Pokok : Asam dan Basa
Alokasi Waktu : 25 menit
A. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
1.1 Menyadari adanya keteraturan struktur partikel bahan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentaang struktur partikel bahan sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentatif.
Indikator:
1) Mensyukuri adanya keteraturan partikel dalam larutan asam dan basa yang terionisasi tepat dan sebagian sebagai wujud dari kebesaran Tuhan YME.
2.1 Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
Indikator:
1) Menunjukkan rasa ingin tahu dengan antusias mengikuti pembelajaran perihal perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
2.2 Menunjukkan sikap kerjasama, santun, toleran, cinta tenang dan peduli lingkungan serta ekonomis dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Indikator:
1) Bekerjasama dengan kelompoknya dalam menuntaskan kiprah perihal perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
2.3 Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan duduk kasus dan menciptakan keputusan.
Indikator:
1) Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif serta bijaksana dalam diskusi memecahkan duduk kasus perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
3.10 Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.
Indikator:
1) Menyimpulkan perbedaan antara ionisasi asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
2) Menemukan rumus perhitungan pH asam besar lengan berkuasa berdasarkan konsep ionisasi tepat dan sebagian.
3) Menghubungkan konsep kesetimbangan dengan perhitungan pH larutan asam lemah
4) Menemukan rumus perhitungan pH asam lemah dengan konsep reaksi kesetimbangan.
5) Menyimpulkan perbedaan larutan asam besar lengan berkuasa dan asam lemah berdasarkan rumus perhitungan pH.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Diberikan video flash perihal ionisasi tepat dan sebagian, akseptor didik sanggup mensyukuri dan mengagumi ciptaan Tuhan YME.
2. Peserta didik berantusias dalam mengikuti pembelajaran perihal perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
3. Diberikan video flash perihal ionisasi tepat dan sebagian, akseptor didik sanggup menyimpulkan perbedaan antara ionisasi tepat dan sebagian.
4. Diberikan reaksi ionisasi asam kuat, akseptor didik sanggup menemukan rumus perhitungan pH asam kuat.
5. Diberikan reaksi asam lemah, akseptor didik sanggup menghubungkan konsep kesetimbangan reaksi untuk menemukan rumus perhitungan pH asam lemah.
6. Peserta didik dapaat menyimpulkan perbedaan larutan asam besar lengan berkuasa dan asam lemah berdasarkan rumus perhitungan pH.
C. MATERI PEMBELAJARAN
Asam klorida (HCl) dan asam florida (HF) kalau kedua larutan tersebut mempunyai konsentrasi yang sama maka nilai pH-nya niscaya berbeda. Hal ini disebabkan oleh sifat dari kedua larutan itu berbeda, HCl ialah asam besar lengan berkuasa sedangkan HF adaalah asam lemah. Dengan demikian, asam berdasarkan kekuatannya dibagi menjadi asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
1. Asam Kuat
Asam besar lengan berkuasa ialah elektrolit besar lengan berkuasa yang sanggup terionisasi sempurna. Sehingga derajat ionisasinya ialah 1. Contoh dari elektrolit besar lengan berkuasa yang terionisasi tepat dan bersifat asam ialah HCl, H2SO4, HNO3, dan HCLO4. Jika digambarkan dalam reaksi, maka reaksi dari asam besar lengan berkuasa yang terionisasi adalah;
HCl H+ + Cl- H2SO4 2H+ + SO42-
m x - - m x - -
r x x x r x 2x x
s 0 x x s 0 2x x
dari reaksi asam besar lengan berkuasa diatas terlihat bahwa jumlah reaktan semua habis, lantaran mengion secara sempurna, sedangkan konsentrasi H+ -nya bergantung pada jumlah koefisiennya. Jumlah koefisien dari H+ itu sendiri ialah valensi asam dari asam besar lengan berkuasa tersebut, HCl = 1 dan H2SO4 = 2. Dari reaksi ionisasi tersebut kita sanggup menghitung berapa konsentrasi H+-nya dengan
[H+] = a.M a : Valensi asam M : Konsentrasi asam
Sehingga, sanggup dihitung nilai pH-nya dengan rumus pH = - log H+.
2. Asam Lemah
Jika asam besar lengan berkuasa mengionisasi secara sempurna, maka asam lemah hanya mengion sebagian saja. Kaprikornus untuk mengetahui konsentrasi H+-nya tidak sanggup kita ketahui dengan cara menyerupai halnya asam kuat. Karena tidak sanggup mengion secara tepat maka reaksi ionisasi asam lemah berbentuk kesetimbangan;
HF H+ + F-
m x - -
r y y y
s (x-y) y y
menurut konsep kesetimbangan;
K = [H+] [F-]
[HF]
Karena y jumlahnya sangat kecil maka kita sanggup mengasumsikan bahwa (x-y) ≈ x
Maka K =
Sehingga y2 = K. x y = lantaran y = [H+] dan x = [HF]
Maka untuk mencari [H+] =
K ialah konstanta kesetimbangan, lantaran karena asam lemah maka sanggup juga disebut konstanta kesseimbangan asam (Ka), dan ssebagian besar asam lemah ialah bervalensi 1, maka untuk asam lemah lain juga mempunyai reaksi ionisasi yang sama. Sehingga kita sanggup menuliskan;
[H+] = Ka : Konstanta keseimbangan asam
M : Konsentrasi asam lemah
Dari rumus mencari [H+] untuk asam besar lengan berkuasa dan asam lemah maka sanggup diketahui bahwa ciri-ciri dari;
Asam Kuat
1. Terionisasi sempurna
2. Derajat ionisasinya α = 1
3. Tidak mempunyai konstanta kesetimbangan asam (Ka)
Asam Lemah
1. Terionisasi sebagian
2. Derajat ionisasinya 0 < α > 1
3. Mempunyai konstanta kesetimbangan asam (Ka)
D. METODE PEMBELAJARAN
Model : Cooperative Learning
Pendekatan : Student Centered
Strategi : Berkelompok
Metode : Diskusi
E. MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
Video Flash
2. Alat
a. Laptop
b. LCD
3. Sumber Belajar
Siswa : Buku Siswa
Guru : Buku Pedoman Guru, Raymond Chang
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan (6 menit)
a. Membuka acara pembelajaran dengan salam.
b. Pemusatan perhatian dan pemotivasian: mengilustrasikan insiden yang bekerjasama dengan pH suatu larutan, contohnya kenapa ada hujan yang dinamakan dengan hujan asam?
c. Apersepsi: bertanya jawab perihal bagaimana mengukur pH menyerupai asam klorida dan asam asetat yang diketahui konsentrasinya tapi belum mengetahui konsentrasi H+.
d. Guru memberikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti (16 menit)
a. Peserta didik mengamati video flash yang ditampilkan guru perihal larutan yang terionisasi tepat dan sebagian.
b. Membagi akseptor didik menjadi 2 kelompok besar dan 4 kelompok kecil (2-3 akseptor didik/kelompok).
c. Menyampaikan gosip perihal acara apa yang akan dilakukan (menemukan cara menghitung pH larutan asam besar lengan berkuasa dan basa lemah berdasarkan konsep larutan terionisasi tepat dan sebagian).
d. Membimbing kelompok menganalisis dan merumuskan perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
e. Meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
f. Bersama akseptor didik mengidentifikasi hasil presentasi untuk menemukan rumus perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
g. Peserta didik bertanya perihal apa yang belum dipahami perihal bahan perhitungan pH asam besar lengan berkuasa dan asam lemah.
h. Bersama akseptor didik menyimpulkan perbedaan asam besar lengan berkuasa dan asam lemah berdasarkan rumus perhitungan pH.
3. Kegiatan Akhir (3 menit)
a. Menyampaikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
b. Menyampaikan kiprah dirumah yang harus dikerjakan.
c. Menyampaikan bahan yang akan dipelajari ahad depan.
d. Menutup acara pembelajaran dengan salam.
G. PENILAIAN
Teknik | Bentuk Instrumen |
Pengamatan Sikap | Lembaar Pengamatan Sikap & Rubrik |
Tes Tertulis | Soal Tes Uraian |
Yogyakarta, 3 Maret 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengan Atas Baik Baik Saja, Guru Mata Pelajaran,
Sidiq Premono, M.Pd Bachtiar Ari Faizal, S.Pd. Si
NIP.198201242013011301 NIP. 199302072013022209
LAMPIRAN
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
1. Terdapat suatu larutan asam besar lengan berkuasa HCl dengan konsentrasi x mol/L, bagaimanakah kita sanggup memilih nilai pH dari larutan Asam tersebut?
# Asam Kuat HCl sanggup terionisasi sempurna
HCl H+ + Cl-
2. Terdapat suatu larutan asam besar lengan berkuasa H2SO4 dengan konsentrasi x mol/L, bagaimanakah kita sanggup memilih nilai pH dari larutan asam tersebut?
# Asam besar lengan berkuasa H2SO4 sanggup terionisasi sempurna
H2SO4 2H+ + SO42-
3. Terdapat suatu larutan asam lemah HF dengan konsentrasi x mol/L, bagaimanakah kita sanggup memilih nilai pH dari larutan asam tersebut?
# Asam Lemah HF terionisasi sebagian
# Anggap yang terionisasi sebesar y mol/L
# Gunakan konsep kesetimbangan
HF H+ + F-
4. Terdapat suatu larutan asam lemah CH3COOH dengan konsentrasi x mol/L, bagaimanakah kita sanggup memilih nilai pH dari larutan asam tersebut?
# Asam Lemah HF terionisasi sebagian
# Anggap yang terionisasi sebesar y mol/L
# Gunakan konsep kesetimbangan
CH3COOH CH3COO- + H+
0 Response to "Asam-Basa"