A.Tugas dan Fungsi Guru
Tugas Guru sebagai seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru khususnya ia dibekali dengan ilmu keguruan sebagai dasar, disertai pula denganseperangkat latihan keterampilan keguruan dan pada kondisi itu pula ia mencar ilmu memersonalisasikan perilaku keguruan yang diperlukanya. Seorang yang berpribadi khusus yakni ramuan dari pengetahuan perilaku dan keterampilan keguruan yang akan ditrasformasikan kepada anak didik atau siswanya.
Guru yang memahami fungsi dan tugasnya tidak hanya sebatas dinding sekolah saja, tetapi juga sebagai penghubung sekolah dengan masyarakat yang juga mempunyai beberapa kiprah berdasarkan Rostiyah(dalam djramah,2000; 36) menemukan bahwa fungsi guru dan kiprah guru prifesional ialah :
1. Menyerahkan kebudayaan kepada anak didik berupa kepandaian, kecakapan dan pengalaman-pengalaman.
2. Membentuk kepribadian anak yang serasi sesuai keinginan dan dasar Negara kita pancasila.
3. Menyiapakan anak menjadi warga Negara yang baik sesuai dengan undang-undangpendidikan yang merupakankeputusan MPR No. 2 Tahun 1983.
4. Sebagai prantara dalam belajar.
5. Guru ialah sebagai pembimbing untuk membawa anak didik kearah dewasaan.
6. Guru sebagai penghubung antara sekolah dan masyarakat.
7. Sebagai penengak disiplin. Guru member pola dalam segala hal, tata tertib sanggup berjalan apabila guru menjalaninya terlebih dahuli.
8. Sebagai direktur dan manager guru sebagai perencanaan kurikulum.
9. Guru sebagai pemimpin.
10. Guru sebagai sponsor dalam acara anak anak.
Seorang guru gres dikatakan tepat kalau fungsinya sebagai pendidik dan juga fungsi sebagai pembimbing, dalam hal ini pembimbing yang mempunyai sarana dan serangkaian perjuangan dalam memajukan pendidikan. Membimbing dalam hal ini sanggup dikatakan sebagai acara menuntun anak didik dalam perkembanganya dengan terang dalam memperlihatkan langakah dan arah yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
B. Peran Guru
Peranan guru dalam acara mencar ilmu mengajar sanggup disebutkan sebagai berikut :
1. Fasilitator
Sebagai fasilitator, guru hendaknya sanggup menyediakan kemudahan yang memungkinkan kemudahan acara pembelajaran.
2. Motivator
Sebagai motivator guru hendaknya sanggup mendorong anak didik semoga kasar dan aktif belajar.
3. Infomator
Sebagai infomator guru harus sanggup memperlihatkan warta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selain sejumlah materi pembelajaran untuk setiap mata pelajaran yang diprogamkan dalam kurikulum.
4. Pembimbing
Peran guru yang tidak kalah pentingnya dari semua kiprah yang telah disebutkan diatas sebagai pembimbing.
5. Korektor
Sebagai korektor guru harus sanggup membedakan mana nilai yang baik dan buruk.
6. Inspirator
Sebagai inspirator guru harus sanggup membedakan ide yang baik bagi kemajuan anak didik.
7. Organisator
Sebagai organisator ialah sisi lain dari peranan yang diharapkan oleh guru dalam bidang ini mempunyai acara pengelolaan acara akademik.
8. Inisator
Guru harus sanggup menjadi pencetur ide-ide kemajuan dan pendidikan dalam pembelajaran.
9. Demonstrator
Dalam interaksi edukatif, tidak semua materi perlajaran anak didik pahami.
10. Pengelolaan kelas
Guru hendaknya sanggup mengelola kelas dengan baik sebab kelas ialah daerah terhimpun anak didik dan guru rangka mendapatkan materi pembelajaran dari guru.
11. Mediator
Guru hendaknya mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup wacana media pendidikan dalam banyak sekali bentuk dan jenisnya baik media non material maupun material.
12. Supervisor
Guru hendaknyadapat membantu memperbaiki dan menilai secara kritis terhadap proses pembelajaran.
13. Evaluator
Guru dituntut untuk menjadi evaluator yang baik dan jujur dengan memperlihatkan evaluasi yang menyentuh aspek intrinsic dan ekstrinsik.
Harrah's Resort Casino - MapyRO
ReplyDeleteFind Harrah's Resort 광주광역 출장샵 Casino Hotels and 광명 출장마사지 other local gems across North America. Get directions, reviews and information for 당진 출장샵 Harrah's 포천 출장안마 Resort Casino in Rating: 2.1 대구광역 출장마사지 · 14 votes