Latest News

Ikatan Kimia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengan Atas Sunan Kalijaga
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran            : Kimia
Materi                          : Ikatan Kimia (Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen)
Alokasi Waktu            : 1 x pertemuan (20 menit)

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan mengatakan sikap sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1  Menyadari adanya keteraturan struktur partikel bahan sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan ihwal struktur partikel bahan sebagai hasil pemikiran kreatif insan yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1  Menunjukkan sikap ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  bisa membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melaksanakan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.  
2.2  Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta ekonomis dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan duduk masalah dan membuat keputusan.
3.5  Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta interaksi antar partikel (atom, ion, molekul) materi dan hubungannya dengan sifat fisik materi.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN
1.      Indikator Kognitif
a.       Menjelaskan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen.
b.      Membedakan ikatan ion dan ikatan kovalen.
c.       Menganalisis unsur-unsur yang sanggup membentuk ikatan ion dan ikatan kovalen.
2.      Indikator Afektif
a.       Menghargai pendapat orang lain dalam lembaga (diskusi).
b.      Mengemukakan pendapat dalam forum (diskusi).
c.       Mengerjakan kiprah yang diberikan dengan baik.

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Tujuan Kognitif
a.       Peserta didik bisa menjelaskan pengertian ikatan ion dan ikatan kovalen sehabis melihat video yang ditampilkan.
b.      Peserta didik bisa menjelaskan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dengan memakai konsep kestabilan unsur.
c.       Peserta didik bisa memilih unsur-unsur manakah yang akan membentuk ikatan ion dan ikatan kovalen, dengan diberikan permasalahan mengenai ikatan kimia.
d.      Peserta didik sanggup membedakan ikatan ion dan ikatan kovalen, dengan diberikan permasalahan mengenai ikatan kimia.
2.      Tujuan Afektif
Peserta didik sanggup berafiliasi dan berdiskusi dengan baik dalam lembaga (kelompok).

E.     MATERI PEMBELAJARAN
      Terlampir

F.     KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK YANG DIHARAPKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
1.      Karakter akseptor didik yang diharapkan:
Jujur, Rasa ingin tahu, Teliti, dan Bertanggung jawab.
2.  Kewirausahaan / Ekonomi kreatif:
Percaya diri, berorientasi kiprah dan hasil

G.    MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE PEMBELAJARAN
Model        : Direct Instruction
Pedekatan             : Teacher Centered Approach
Strategi      : Induktif
Metode      : Ceramah dan tanya jawab

H.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Guru
Kegiatan Peserta Didik
Alokasi Waktu
Kegiatan awal:
·   Salam pembuka
·   Mempresensi akseptor didik
·   Apersepsi
Kegiatan awal:
·   Menjawab salam
·   Mengacungkan jari telunjuk
·   Apersepsi
5 menit
Kegiatan Inti:
Mengamati (Observing)
Meminta akseptor didik mengamati video flash yang berkaitan dengan ikatan ion dan ikatan kovalen.
Menanya (Questioning)
Memberikan kesempatan kepada akseptor didik untuk bertanya terkait video flash yang ditampilkan.

Mengasosiasi (Associating):
Meminta akseptor didik untuk menganalisis soal yang diberikan di depan kelas.

Mengumpulkan Data (Experimenting):
Meminta akseptor didik untuk mengumpulkan data yang sanggup membantu dalam menuntaskan soal.

Mengkomunikasikan (Communicating):
Meminta akseptor didik untuk mengerjakan soal di depan kelas.

Kegiatan Inti:
Mengamati (Observing)
Mengamati videoflash yang berkaitan dengan ikatan ion dan ikatan kovalen.
Menanya (Questioning)
Bertanya kepada guru terkait video flash yang ditampilkan.


Mengasosiasi (Associating):
Mencoba menganalisis soal yang telah diberikan.


Mengumpulkan Data (Experimenting):
Mengumpulkan data untuk menuntaskan soal yang diberikan.


Mengkomunikasikan (Communicating):
Mengerjakan soal di depan kelas.
12 menit
Kegiatan Akhir:
·   Menyampaikan kesimpulan mengenai perbedaan ikatan ion dan ikatan kovalen bersama akseptor didik.
·   Menyuruh akseptor didik mengerjakan latihan soal di Lomba Kompetensi Siswa yang berkaitan dengan ikatan ion dan ikatan kovalen, dan dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
·   Menyampaikan bahan yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
·   Menutup pelajaran dan mengucapkan salam.
Kegiatan Akhir:
·   Menyimpulkan perbedaan ikatan ion dan ikatan kovalen bersama guru.

·   Mendengarkan kode guru.





·   Mendengarkan guru


·   Menjawab salam
3 menit

I.       MEDIA, ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR:
1.      Media
a.       Video animasi ikatan ion dan ikatan kovalen
b.      Power point
2.      Alat dan Bahan


a.       Papan tulis
b.      Spidol
c.       Penghapus
d.      LCD


3.      Sumber Belajar
Buku kimia Sekolah Menengan Atas kelas X
J.      PENILAIAN
1.      Afektif
Terlampir
2.      Kognitif
Terlampir
                                                                                         Yogyakarta, 12 Maret 2014
          Mengetahui,                                                                                            
Kepala Sekolah Menengan Atas Sunan Kalijaga                                                        Guru Mata Pelajaran

Jamil Suprihatiningrum M.Pd                                                    Hendra Budi G. S.Pd, Si
NIP.                                                                                                 NIP. 11670018


0 Response to "Ikatan Kimia"

Total Pageviews