RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sifat-Sifat Senyawa Organik menurut Gugus Fungsi dan Senyawa Makromolekul
Nama Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri Kalijaga
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/ Semester : X/2
Alokasi Waktu : 40 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami sifat-sifat senyawa organik berdasarkan gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
II. KOMPETENSI DASAR
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon menurut strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan.
2. Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
3. Menyimpulkan kekerabatan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
4. Menentukan isomer dari senyawa hidrokarbon.
IV. INDIKATOR
1. Peserta didik bisa mengelompokkan senyawa hidrokarbon menurut kejenuhan ikatan.
2. Peserta didik bisa memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
3. Peserta didik bisa menyimpulkan kekerabatan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
4. Peserta didik bisa memilih isomer dari senyawa hidrokarbon.
V. MATERI PEMBELAJARAN
o Hidrokarbon Alkana, alkena dan alkuna
o Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna
o Isomer Reaksi senyawa karbon
VI. MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, PEMBELAJARAN
a. Model : Cooperatife Learning
b. Pendekatan : Student Centered Approach
c. Strategi : Group Learning
d. Media : Ular Tangga Kimia
VII. LANGKAH-LANGAKAH PEMBELAJARAN
Tahapan Kegiatan | Langkah-langkah | Alokasi Waktu | |
Kegiatan Pendidik | Kegiatan Peserta Didik | ||
Kegiatan Awal | 1. Pendidik mengucapkan salam. 2. Pendidik melakukan presensi penerima didik. 3. Menyampaikan apersepsi materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya : • Pendidik mengawali pelajaran dengan memperlihatkan pertanyaan : “Apa yang dimaksud dengan senyawa hidrokarbon? Lalu bagaimanakah kekhasan atom karbon?” 4. Pendidik memperlihatkan motivasi ihwal kegunaan mempelajari materi yang akan disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya: Kegunaan hidrokarbon pada materi bangunan, senyawa hidrokarbon tersebut umumnya berupa plastik. Dari materi plastik inilah lalu menjadi beragai macam bahan, mulai dari atap rumah (genteng plastik), furniture, peralatan interior rumah, bemper mobil, meja, kursi, piring, dll. 5. Pendidik menjelaskan bahwa pertemuan kali ini akan ada pembagian kelompok diskusi. Oleh alasannya ialah itu penerima didik harus mencatat pokok-pokok ulasan materi yang akan disampaikan pendidik mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon dan isomer. | 1. Peserta didik menjawab salam. 2. Peserta didik mengacungkan tangan saat dipanggil (disiplin). 3. Peserta didik mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan dengan percaya diri, “Saya bu, senyawa hidrokarbon ialah senyawa karbon yang paling sederhana, sedangkan kekhasan atom karbon adalah memiliki kemampuan membentuk 4 ikatan kovalen yang kuat, sanggup membentuk ikatan antarkarbon yang sanggup berupa ikatan tunggal, rangkap dua atau rangkap tiga, serta sanggup membentuk rantai lurus, bercabang ataupun melingkar (siklik). 4. Peserta didik termotivasi dan tertarik dengan motivasi yang diberikan oleh pendidik mengenai kegunaan senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari. 5. Peserta didik mendengarkan klarifikasi pendidik mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon dan jenis isomernya dengan antusias. | 10 menit |
Kegiatan Inti | 1. Pendidik menjelaskan materi singkat mengenai penggolongan senyawa hidrokarbon menurut struktur dan kejenuhannya. 2. Pendidik menjelaskan isomer senyawa hidrokarbon. 3. Memberi klarifikasi ihwal kelompok permainan ular tangga yang akan dilakukan: Ø Kelompok permaianan dibagi menjadi 4 kelompok. Ø Pendidik pembagi penerima didik menjadi 4 kelompok. Ø Pendidik membagikan Lembar materi pada setiap kelompok. Ø Pendidik memberitahukan peraturan permaiann ular tangga. 4. Pendidik memulai permaianan ular tangga 5. Pendidik membimbing dan mengawasi jalannya permaian. 6. Pendidik menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan ini bersama penerima didik. | 1. Peserta didik mencatat hal-hal yang dianggap penting. 2. peserta didik memperhatikan penjelasan dari pendidik dengan seksama. 3. Peserta didik mendengarkan klarifikasi pendidik dengan antusias serta mengelompok sesuai kelompok masing-masing dengan semangat. Serta, peserta didik bertanya bila belum jelas. 4. Peserta didik memulai melaksanakan permainan. 5. Peserta didik melaksanakan permainan dengan semangat. 6. Peserta didik mendengarkan serta mencatat hal-hal yang penting. | 25 menit |
Kegiatan Akhir | 1. Pendidik memperlihatkan penghargaan bagi kelompok yang memenangkan permainan serta menjawab pertanyaan dengan benar. 2. Pendidik menginstruksikan penerima didik untuk mempelajari materi pertemuan selanjutnya mengenai proses pembentukan dan teknilk pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya. 3. Pendidik menutup proses pembelajaran dan mengucapkan salam | 1. Peserta didik mendapatkan penghargaan dengan rasa bangga. 2. Peserta didik memperhatikan kode dari pendidik dengan seksama. 3. Peserta didik menjawab salam dan bersiap untuk pelajaran selanjutnya dengan semangat | 5 menit |
VIII. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Alat Pembelajaran
a. Lembar Materi
b. Papan tulis
c. Spidol
d. Ular tangga
e. Dadu
f. Kartu soal
2. Sumber Pembelajaran
Purba, Michael. 2007. KIMIA untuk Sekolah Menengan Atas Kelas X. Jakarta: Erlangga.
IX. Lampiran
1. Materi
2. Soal.
3. Peraturan permainan Ular Tangga.
Yogyakarta, 21 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Menengan Atas Sunan Kalijaga Guru Mata Pelajaran
Jamil Suprihatiningrum, S.Pd. M.Si. Mur Madyatsih C. R. S.
NIP : NIM:
0 Response to "Sifat-Sifat Senyawa Organik"